Minggu, 15 Mei 2016

Microsoft Excel




Banyak masalah bisa disederhanakan menggunakan Ms. excel. Misal, pembacaan tabel manual bisa diubah jadi otomatis, tinggal masukkan variabelnya,dari biasanya baca tabel secara manual,

Menjadi input data, output hasil otomatis keluar..




Kalau pekerjaan baca tabel hanya sekali buat apa dibuat kalkulasi excel nya, tapi bila pekerjaan ini rutin berulang tentu akan menghemat banyak waktu kerja, dan menghindari kesalahan baca tabel.
Dulu saya sering dengar kalkulasi, input output data pengupahan/ gaji menggunakan ms excel. Tapi sekarang anda beli mesin absen sidik jari/ mesin absensi fingerprint sudah sekalian software pengupahan/payroll.
Tentu untuk pekerjaan perhitungan berulang yang lebih advance perusahaan bisa pakai software lain, tapi saya jumpai kebanyakan tetap pakai excel. Bahkan saya pernah jumpai perhitungan excel dimana tinggal masukkan jumlah order saja maka estimasi waktu pengerjaan, material dibutuhkan, jumlah pekerja, dan detail lainnya otomatis keluar di tabel outputnya.
Sangat sulit menguasai banyak fungsi dalam excel, ada fungsi database, informasi,logika, lookup, referensi, matematika dan text. Trik dari saya adalah melihat sekilas tutorial tentang fungsi-fungsi tersebut,sekedar sedikit tahu cukup. Nanti saat ada pekerjaan baru dipelajari lebih dalam untuk fungsi yang dibutuhkan.
Perlu dikuasai fungsi-fungsi basic antara lain: fungsi logika (if, multi-if,and,or,not); fungsi matematika (pi, power, round, roundup, rounddown, ceiling, floor, sum, sumif, dll); fungsi lokp dan referesi (lookup, hlokup, vlookup, index,dll); fungsi database (dmin, max, daverage, dll); fungsi text (concatenate, fixed, dll)
Kalau anda berminat mempelajari lebih lanjut silahkan download file tutorialnya disini..