Banyak masalah bisa disederhanakan menggunakan Ms. excel. Misal,
pembacaan tabel manual bisa diubah jadi otomatis, tinggal masukkan
variabelnya,dari biasanya baca tabel secara manual,
Menjadi input data,
output hasil otomatis keluar..
Kalau pekerjaan baca tabel hanya sekali buat apa dibuat kalkulasi
excel nya, tapi bila pekerjaan ini rutin berulang tentu akan menghemat banyak
waktu kerja, dan menghindari kesalahan baca tabel.
Dulu saya sering dengar kalkulasi, input output data pengupahan/
gaji menggunakan ms excel. Tapi sekarang anda beli mesin absen sidik jari/
mesin absensi fingerprint sudah sekalian software pengupahan/payroll.
Tentu untuk pekerjaan perhitungan berulang yang lebih advance
perusahaan bisa pakai software lain, tapi saya jumpai kebanyakan tetap pakai
excel. Bahkan saya pernah jumpai perhitungan excel dimana tinggal masukkan
jumlah order saja maka estimasi waktu pengerjaan, material dibutuhkan, jumlah
pekerja, dan detail lainnya otomatis keluar di tabel outputnya.
Sangat sulit menguasai banyak fungsi dalam excel, ada fungsi
database, informasi,logika, lookup, referensi, matematika dan text. Trik dari
saya adalah melihat sekilas tutorial tentang fungsi-fungsi tersebut,sekedar
sedikit tahu cukup. Nanti saat ada pekerjaan baru dipelajari lebih dalam untuk
fungsi yang dibutuhkan.
Perlu dikuasai fungsi-fungsi basic antara lain: fungsi logika (if,
multi-if,and,or,not); fungsi matematika (pi, power, round, roundup, rounddown,
ceiling, floor, sum, sumif, dll); fungsi lokp dan referesi (lookup, hlokup,
vlookup, index,dll); fungsi database (dmin, max, daverage, dll); fungsi text
(concatenate, fixed, dll)
Kalau anda berminat mempelajari lebih lanjut silahkan download
file tutorialnya disini..